fbpx

Infaq dan Jenisnya

Infaq berasal dari kata anfaqa yang berarti telah lewat, berlalu, habis. Menurut istilah infaq berarti mengeluarkan harta dalam ketaatan dan hal-hal yang diperbolehkan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbeda dengan zakat yang memerlukan nishab, infaq dan sedekah terbebas dari hal tersebut, infaq dan sedekah  bisa dilakukan oleh siapapun walaupun harta seorang muslim belum mencapai nishab.

Jika dalam ibadah zakat mustahiq (penerima) zakat terbatas pada delapan golongan yang telah ditentukan, infaq dan sedekah jangkauan penerimanya lebih luas dan umum, karena tidak terbatas pada delapan golongan tersebut. Infaq bisa di peruntukkan untuk keluarga, anak yatim, jumlah nominalnya pun tak ditentukan kadar minimalnya serta waktu penyerahan infaq d an sedekah tak hanya terbatas  di bulan Ramadlan seperti zakat.

Macam-Macam Infaq :

Infaq bisa dikategorikan sebagai berikut:

  • Infaq mubah : menginfaqkan harta pada hal-hal yang bersifat mubah atau diperbolehkan seperti berdagang ataupun usaha.
  • Infaq wajib   : mengeluarkan harta karena hal-hal yang bersifat wajib seperti bernadzar ataupun menafkahi istri dan keluarga.
  • Infaq sunnah : menginfaqkan harta dengan niatan sedekah dan membantu fakir miskin.
  • Infaq haram : mengeluarkan harta kepada hal yang sifatnya haram dan dilarang. Seperti infaqnya orang kafir untuk menghalangi syiar islam.

 

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan.”

Dengan mengeluarkan infaq berarti kita lebih mencintai pengorbanan bagi sesama dan di jalan Allah dibandingkan dengan hanya untuk dibelanjakan untuk kepentingan pribadi, sebagaimana di dalam Al Qur’an dijelasakan bahwa :

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS Ali Imran : 92).

Semoga kita dapat selalu menyisihkan harta kita untuk selalu melakukan infaq sebagai bukti kecintaan kita kepada Allah untuk mendapatkan kebaikan yang sempurna.

Program Infaq

Kemanusiaan

Wakaf Ambulance Gratis

Obah Bareng Peduli

Terkumpul Rp 1.047.726
Tersisa 107 hari lagi

Sedekah Air Minum

Obah Bareng Peduli

Terkumpul Rp 13.877.843
Tersisa 29 hari lagi

Program Donasi Korban Bencana

Obah Bareng Peduli

Terkumpul Rp 96.056
Tersisa 29 hari lagi

Wakaf Sarana Prasarana Pesantren dan Masjid

Obah Bareng Peduli

Terkumpul Rp 75.774.340
Tersisa 29 hari lagi

Bantuan Untuk Dhuafa + Covid 19

Obah Bareng Peduli

Terkumpul Rp 4.326.493
Tersisa 29 hari lagi

Ayo Berinfaq Dalam Kebaikan

Obah Bareng Peduli

Terkumpul Rp 41.014.215
Tersisa 29 hari lagi